(DOC) MAKALAH SHIFAT HURUF HIJAIYAH

 Shifaatul Huruf                                                                                                                Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kelompok

Mata Kuliah. : Tahsinul qur’an

DosenPengampu : Fitriani.M.Pd. I

Disusun Oleh Kelompok 4 :

Syintia Purnama  (1911010213)

TalsaniaCornelaHidayat ( 1911010458)

Tri Asmarita (1911010461)


C:\Users\U S E R\Pictures\Lambang_UIN_Raden_Intan_Lampung.png


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

2020



KATA PENGANTAR

  Puji syukur alhamdulillah kami panjatan kehadirat Allah SWT karena telah melimpahkan rahmat-nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah ini bisa selesai pada waktunya,trimakasih juga kepada teman-teman yang telah berkontribusi dengan memberi ide-idenya sehingga makalah ini bisa disusun dengan baik dan rapih.

 Kami harap makalah ini bisa menambah pengetahuan kepada pembaca namun terlepas dari itu kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna sehingga kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi terciptanya makalah selanjutnya yang jauh lebih baik lagi.



Sukarame, 21 Oktober     2020                           

Kelompok 4







DAFTAR ISI


LEMBAR JUDUL i

KATA PENGANTAR ii

DAFTAR ISI iii

BAB I PENDAHULUAN

A. LatarBelakang 1

B. RumusanMasalah 1

C. TujuanPenulisan 1

BAB II PEMBAHASAN

A.Pengertian Sifatul Huruf 3

B. Latar Belakang Penetapan Sifatul Huruf 3

C. Bagian Dari Sifatul Huruf 4

         1. Sifat Yang Berlawanan 4

         2. Sifat Yang Tidak Ada Lawan 8

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan 12

B. Saran 12

DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN

A. LatarBelakang

Al-quran sebagai kitab yang berisi firman-firman Allah SWT. Sebagai umat islam sudah seharusnya kita menjaga kitab yang menjadi pedoman umat islam. Alqur’an merupakan kalamullah maka dalah segi pembacaannya mempunyai tatacara membacanya dalam arti kata kita mengetahui ilmunya agar tidak terjadi salah arti dalam membaca Al—Qur’an serta bacaannya haruslah tartil. Atas dasar tersebut para ulama menciptakan sebuah disiplin ilmu dalam membaca Al-Qur’an yatu Ilmu Tajwid.

Ilmu tajwid di dalamnya menerangkan hukum-hukum bacaan yang terdapat dalam Al-Qur’an. Dalam ilmu tajwid juga di bahas mengenai makhorijul huruf agar dalam segi pembacaannya ada perbadaan dalam semua huruf hijahiyah. Huruf hijahiyah mempunyai sifatul huruf dan sifat itulah yang membedakan masing-masing huruf hijahiyah.


B. Rumusan Masalah

     1.Pengertian Sifatul Huruf ?

     2. Latar Belakang Penetapan Sifatul Huruf ?

     3. Bagian dari Sifatul Huruf ?

C. Tujuan Masalah

       1. Agar Mengetahui Sifatul Huruf.

       2. Agar Mengetahui Latar Belakang Penetapan Sifatul Huruf.

       3. Agar Mengetahui Bagian dari Sifatul Huruf.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. Pengertian Sifatul Huruf

Shifat menurut bahasa adalah suatu keadaan yang menetap pada sesuatu yang lain. Menurut istilah shifatul huruf adalah keadaan yang baru datang yang berlaku bagi suatu huruf yang dibaca tepa keluar dari makhrajnya.

  1. Latar Belakang Penetapan Sifatul Huruf

Pendapat para ulama mengenai jumlah sifat huruf, para ulama berbeda pendapat mengenai jumlah sifat-sifat huruf Hijaiyah. Al-Imam Ibnul Jazary dalam Al-Muqaddimah Al-Jazariyyah menyebutkan 17 (tujuh belas) sifat-sifat huruf, sedangkan dalam At-Tamhid Fi 'Ilmit Tajwid menyebutkan 34 (tiga puluh empat) atau lebih sifat-sifat huruf hijayah. Al-Imam As-Sakhawiy dan Al-Imam Asu-Syathibiy menyebutkan 16 (enam belas) sifat huruf dalam kitab-kitabnya, sedangkan Al-Imam Makkiy bin Abi Thalib dalam Ar-Ri'ayah menyebutkan kurang lebih 44 (empat puluh empat) sifat huruf hijayah dan julukan-julukannya (alqab).

       Sifat menurut bahasa adalah suatu keadaan yang menetap pada sesuatu yang lain. Menurut istilah adalah keadaan yang baru datang yang berlaku bagi suatu huruf yang dibaca tepat keluar dari makhrajnya. Ahli qiraat berbeda pendapat dalam menetapkan jumlah sifat-sifat huruf hijaiyah. Sebagian menetapkan sebanyak 19 sifat, dan sebagian lagi menetapkan 18 sifat, 17 sifat, 16 sifat 14 sifat, dan bahkan ada yang menetapkan 44 sifat. Dari sifat-sifat huruf yang ada, maka tiap-tiap huruf hijaiyah dalam Al-Qur’an paling sedikit mempunyai 5 sampai 7 sifat. Pada kesempatan ini kita bicarakan sebanyak 19 sifat-sifat huruf yang lebih umum dibicarakan oleh ahli qiraat.

  1. Bagian dari Sifatul Huruf

1. Sifat yang Berlawanan

a) Hams 

مَهْمُوْ سُهَا فَحَثَّهُ شَخْصٌ سَكَتْ 

21. “Sifat Hams (mengalirnya udara) yang merupakan lawan dari sifat Jahr, huruf-hurufnya terkumpul pada kalimat “Fahatstsahu Syakhshun Sakat”, yakni huruf Fa, Ha, Tsa, Ha', Syin, Kha, Shad, Sin, Kaf, dan Ta.”

Secara bahasa hama adalah al-khafa (ا لْخَفَا ء  ) yang artinya samar atau tersembunyi." Dan dinamakan huruf-huruf hama disebabkan pengucapan diiringi aliran udara deras karena lemahnya huruf tersebut dan lemahnya aliran udara yang deras karena lemahnya huruf tersebut dan lemahnya sandaran pada makhrajnya saat aliran suara dari huruf tersebut keluar."

Para ulama qiraat mengatakan bahwa di antara kekhasan sifat hama adalah  “yasma’uhul qârîb dûnal ba’îd” (terdengar oleh yang dekat dan tidak oleh yang jauh). Cirinya adalah tidak terjadi getaran pada pita suara saat huruf-huruf hama diucapkan. Dalam istilah bahasa Indonesia, huruf-huruf hams dapat digolongkan sebagai huruf-huruf nirsuara.

b) Jahr

Kebalikan atau lawan dari Hams adalah Jahr (dibaca keras). Jahr artinya jelas. Maksudnya adalah mencegah keluarnya nafas saat mengucapkan huruf. Huruf-huruf yang memiliki sifat jahr ada 19, yaitu semua huruf hijaiyah yang tidak termasuk dalam huruf-huruf hams.

" Disebut huruf-huruf di jahr disebabkan terhalang aliran nafas dan membatasi alirannya saat huruf-huruf ini diucapkan karena kekuatan hurufnya dan kekuatan sandaran pada makhrajnya saat huruf tersebut keluar."

Maksudnya adalah aliran suara atau nafas terhalang di pita suara, sehingga udara yang keluar dari dalam diagram berubah menjadi bunyi atau suara. Di antara cirinya adalah terasa getaran yang cukup kuat pada pita suara saat kita mengucapkan huruf-huruf jahr. Huruf-hurufnya adalah selain huruf-huruf hams yang terkumpul pada kalimat berikut:

عظم وزن قارئ ذي غ جد طلب

Kebalikan atau lawan dari Hams adalah Jahr (dibaca keras). Jahr artinya jelas. Maksudnya adalah mencegah keluarnya nafas saat mengucapkan huruf. Huruf-huruf yang memiliki sifat jahr ada 19.

c) Syiddah

۞ شَدِ يْدُ هَا لَفْظُ أَ جِدْ قَطٍ بَكَتْ

21. Sifat Syiddah (kuat/ tertahannya suara), yang merupakan lawan dari sifat Rakhawah, huruf-hurufnya “Ajid Qathin Bakat”, yakni Hamzah, Jim, Dal, Qaf, Tha, Ba, Kaf, dan Ta.

Kuat/keras maksudnya adalah menahan sejenak suara ditempat keluarnya huruf, baru kemudian melepaskannya karena makhroj-nya kuat. 

d) Rakhawah 

Rakhawah artinya lemah lembut atau lunak. Maksudnya adalah mengeluarkan suara bersamaan dengan mengucapkan huruf tanpa hambatan karena lemah makhroj-nya. Jumlah huruf yang memiliki sifat rakhawah ada 15 huruf yaitu:

خُذْ غَثَّ حَظَّ فّضَّ شُوْصٍ زَيَ سَاهٍ

e) Bainiyyah 

Bainiyyah (ada referensi yang menyebutkan dengan nama Tawassuth)

وَ بَيْنَ رِ خْوٍ وَ ا لشَدِ يْدِ لِنْ عُمَرْ

22. Dan di antara sifat Rakhawah dan Syiddah ada sifat pertengahan (bayniyah/ tawassuth), yang huruf-hurufnya terkumpul dalam “Lin ‘Umar”, yakni Lam, Nun, ‘Ain, Mim, dan Ra.

f) Isti’la dan Istifal

وَ سَبْعُ عُلْوٍ خُصَّ ضَغْطٍ قِظْ حَصَرْ ۞

22. Dan ada tujuh huruf yang lidah tegang dan terangkat saat mengucapkannya (Isti’la, lawan dari Istifal), terangkum dalam “Khushsha Dhaghthin Qizh”, yakni Kha, Shad, Dhad, Ghain, Tha, Qaf, dan Zha.

Isti’la artinya terangkat (naik). Maksudnya adalah mengangkat sebagian besar lidah ke langit-langit mulut saat pengucapan. Huruf yang memiliki sifat Isti’la ada 7 yang merupakan huruf tebal yaitu : خُصَّ ضّغْطٍ قِظْ

Istifal artinya menurun (turun). Maksudnya adalah menurunkan sebagian besar lidah dari langit-langit mulut ke dasar mulut saat mengucapkan huruf. Huruf yang memiliki sifat istifal ada 21 yaitu huruf hijaiyah selain huruf-huruf isti’la.  

g) Ithbaq dan Infitah

وَ صَا دُ  ضَا دٌ طَا ءُ ظَا ءٌ مُطْبَقَهْ

23. Huruf Shad, Dhad, Tha, dan Zha merupakan huruf-huruf yang memiliki sifat Ithbaq, yakni lidah terangkat sangat tinggi hingga seolah-olah menempel langit-langit dan tidak menyisakan ruang antara lidah dengan langit-langit, merupakan lawan dari sifat Infitah.

Ithbaq artinya menutup (tertutup). Maksudnya adalah menutup dua sisi lidah sehingga bertemu dengan langit-langit mulut ketika mengucapkan huruf. Hurufnya ada 4 yaitu: صَضْطَظَ

Infitah artinya terpisah (terbuka). Maksudnya adalah memisahkan dua sisi lidah dari langit-langit mulut sehingga keluarlah nafas diantara keduanya saat mengucapkan huruf. Hurufnya ada 24 yaitu selain huruf-huruf Ithbaq.

h) Idzlaq

وَ فَرَّ مِنْ لُبِّ ا لْحُرُ و فُ الْمُذْ لَقَهْ ۞

23. Dan “Farra Min Lubbi”, yakni huruf Fa, Ra, Mim, Nun, Lam, dan Ba merupakan huruf-huruf yang lebih mudah dan cepat dikeluarkan (Idzlaq) dibandingkan selainnya (Ishmat), disebabkan dekatnya dengan ujung lidah.

2. Sifat yang Tidak Berlawanan

a) Shafir

صَفِيْرُ هَا صَا دٌ وَ زَا یٌ سِينُ

24. Juga ada huruf-huruf yang tidak memiliki lawan, di antaranya sifat Shafir (huruf yang berdesis), yakni huruf Shad, Zay, dan Sin.

Shafir adalah ketajaman pada suara huruf yang muncul saat melewati ruang sempit. Suara menyerupai suara unggas/burung. Maksudnya adalah membuat suara tambahan yang keluar dengan kuat diantara ujung lidah dan gigi seri. Hurufnya ada 3 yaitu: ( ص ز س ).

b).Qolqolah

قَلْقَلَةٌ قُطْبُ جَدٍ وَ ا للِيْنُ

24. Huruf-huruf yang memiliki sifat Qalqalah (memantul) adalah "Quhtbu Jadin", yakni huruf Qaf, Tha, Ba, Jim dan Dal.

Dan huruf yang memiliki sifat Liin (lembut)...

Qolqolah adalah membuat pantulan di akhir pengucapan huruf-huruf qolqolah yang sukun (mati). Hurufnya ada 5 yaitu : ( ق ط ب ج د ).

c) Layyin

وَا وٌ وَ يَا ءٌ سُكِّنَا وَ ا نفَتَحَا

25. Yaitu huruf Wawu dan Ya bila keduanya dalam keadaan sukun dan huruf sebelumnya berharakat fathah.

Layyim atau Lien artinya lembut dan mudah. Maksudnya adalah mengeluarkan huruf dari mulut tanpa memberatkan lisan. Lien terjadi ketika ada huruf bertanda baca fathah kemudian setelahnya ada huruf lien yang bertanda sukun. Hurufnya ada 2 yaitu: ( و ي ).

d) Inhiraf 

قَبْلَهُمَا وَالاِ نْحِرَا فُ صُحِّحَا

25. Dan sifat inhiraf (menyimpangnya makhraj) dibenarkan.

Inhiraf artinya condong atau miring. Maksudnya adalah pengucapan hurufnya miring setelah keluar dari ujung lidah. Hurufnya ada 2 yaitu : ( ر ل )

e) Takrir 

فِ ا للامِ وَ ا لرَّ ا وِ بِتَكْرِ يرٍ جُعِلْ

26. Pada huruf Lam dan Ra saja. Huruf Lam makhrajnya menyimpang ke makhrajnya Nun saat mengucapkan Lam tebal dan huruf Ra menyimpang ke makhrajnya Lam saat mengucapkan Ra tipis. Lalu huruf Ra juga memiliki sifat Takrir (getaran yang berulang).

Takrir artinya mengulangi. Maksudnya adalah lidah bergetar saat mengucapkan huruf ( ر ) namun tidak berlebihan apa lagi sampai terucap lebih dari satu huruf ro.

f) Tafasysyi

وَ للتَّفَشِّی ا لشِّينُ ضَا دًا ا سْتَطِلْ

26.Huruf Syin memiliki sifat Tafasysyi (udara yang berhembus deras di dalam mulut). Sedangkan huruf Dhad memiliki sifat Istithaalah, yakni memanjangnya makhraj Dhad dari sisi ujung lidah hingga ujung sisi lidah pada makhraj Lam.

Tafasysyi artinya menyebar. Maksudnya adalah peyebaran suara saat mengucapkan huruf Syin ( ش ) dari makhroj hingga berbenturan dengan sisi bagian dalam gigi-gigi atas dan bawah.

g) Istithalah artinya memanjang. Maksudnya adalah mengucapkan huruf    

( ض ) hendaklan disertai memanjangnya suara dari awal sisi lidah sampai ujungnya, disebelah kiri atau kanan lidah.

h) Ghunnah

Ghunnah adalah sifat untuk huruf nun ,( ن ) dan mim ( م ) baik berharakat ataupun sukun, baik nampak dengan jelas, di-idghom-kan, ataupun disembunyikan. Hanya saja panjang ghunnah berbeda sesuai kondisi nun dan mim.

BAB III

PENUTUP

       A.    Kesimpulan

        Sifat menurut bahasa adalah suatu keadaan yang menetap pada sesuatu yang lain. Sedangkan Menurut istilah adalah keadaan yang baru datang yang berlaku bagi suatu huruf yang dibaca tepat keluar dari makhrajnya.

Tujuan utama mempelajari sifat-sifat huruf adalah agar setiap huruf yang kita ucapkan, sesuai dengan hurufnya baik tempat maupun sifatnya.

Sifat-sifat huruf terbagi menjadi dua bagian:

1.    Sifat Yang Memiliki Lawan

2.    Sifat Yang Tidak Memiliki Lawan


 B.    Saran

                Dari penulisan makalah ini penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan, baik dari segi penulisan maupun isi dari makalah ini. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini.



DAFTAR PUSTAKA

Amir, Abu. Dkk. 1994. Attaisiru Fil Qira’atis. Jeddah:Maktabah Al-Haramain..

 Katsir, Ibnu. 2000. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung:Cv Diponegoro

Muhyidin. 1994. Irabul Quranil Karim Wa Bayanuh                                                                                                                                                                                                                                                                                      

Muzzammil, Ahmad. Buku Panduan Tahsin Tilawah, Kajian Ilmu Tajwid Semester I.

Laili Al-Fadhli, Penjelasan Lengkap Ilmu Tajwidasy-Syarhul Indûnîsiy ‘Alal Muqaddimah Ibnil Jazariy, (Depok, Rumah Belajar Al-Imam Asy-Syafi'i), cet.I, hal. 239.

Abu Ezra Al-Fadhli, Terjemahan Tafsiriyyah Matan Manzhumah Muqaddimah Jazariyyah, (Bandung, LIT Bandung : 2016), cet.I , hal.5.


Makalah Shifat Huruf Hijaiyah


Gamis 30 Ribuan Ada Disini!!!

Dress Mayung Korean Jumbo 30 Ribuan 😮





MEQA DAILY - YUBIN OVERALL DRESS KOREAN MAYUNG JUMBO Fit to XL Putih

Tahu tidak? Ada MEQA DAILY - YUBIN OVERALL DRESS KOREAN MAYUNG JUMBO Fit to XL Putih dengan harga spesial!

Rp100.000 Rp36.353

MEQA DAILY - YUBIN OVERALL DRESS KOREAN MAYUNG JUMBO Fit to XL Putih Bahan Hyget Super
Mayung Keliling 3M ya
Korean Outer Dress
Ukuran
Fit to XL : LD 110 PJ 130
XXL : LD... 

Kalau ada pertanyaan bisa kontak saya. Langsung beli juga boleh, klik tautan di bawah ini, ya.

Sstt...jangan sampai kehabisan. Buruan pesan Sekarang Klik Disini

Yuk Mampir Di Tokonya Banyak Pilihan Pakaian Muslim Mulai Dari 30 Ribuan Loh😎 


 
Klik Link Tokonya Di sini Toko Syintia Berikhtiar


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(DOC) AYAT DAN HADITS TENTANG BERSYUKUR

(DOC) RPP Perkembangan Bani Ummayyah I