(DOC) RPP Perkembangan Bani Ummayyah I

PERKEMBANGAN PERADABAN BANI UMAYYAH I

(RPP)


Diajukan Untuk Melengkapi Tugas Individu 

Mata Kuliah : Praktikum Pembelajaran SKI

Dosen Pengampu : Waluyo Erry Wahyudi, M.Pd


Oleh : Syintia Purnama  (1911010213)

Jurusan Pendidikan Agama Islam

Kelas D Semester 6




JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

1443 H/2022 M


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 


Madrasah

:

MA Muhammadiyah Sukarame ........................

Mata Pelajaran/ Tema 

:

SKI/ Perkembangan Peradaban  Bani  Umayyah  I

Kelas/Program/ Semester

:

X / IPS-IPA / 1

Alokasi Waktu

:

45 menit


  1. KOMPETENSI INTI

KI 1

:

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


KI 2

:

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.


KI 3

:

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah


KI 4

:

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


  1. KOMPETENSI DASAR 





Kompetensi Dasar

Indikator

  1. Menyadari bahwa kekuasaan adalah amanah dari Allah SWT.

  2. Meyakini bahwa berdakwah dan melakukan hal-hal yang bermanfaat adalah kewajiban setiap muslim





1.1.Menegaskan bahwa kekuasaan adalah amanah dari Allah SWT.


1.1.2. Menggamalkan bahwa dalam perjuangan ada fase-fase yang harus dilewati dengan sabar.

2.1 Membiasakan sikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari sebagai inplementasi  dari  pemahaman mengenai proses  lahir dan berdirinya bani Umayyah di Damaskus

2.2 Menunjukkan sikap dinamis sebagai implementasi dari pemahaman tentang perkembangan peradaban bani Umayah di Damaskus


2.1.1. Membiasakan sikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari 

2.1.2. Mengamalkan perilaku mulia kehidupan sehari-hari

3.1. Menganalisis  proses  lahir dan berdirinya  bani  Umayyah di Damaskus

3.2. Memahami perkembangan islam pada masa dinasti Umayyah dan mengambil hikmahnya untuk kehidupan

3.3. Mengidentifikasi perkembangan peradaban yang dicapai pada bani Umayyah di Damaskus




  1. Menjelaskan proses lahir dan berdirinya Bani Ummayyah I di Damaskus 

  2. Menjabarkan proses lahir dan berdirinya Bani Ummayyah I di Damaskus

  3. Mengidentifikasi proses lahir dan berdirinya Bani Umayyah I

  4. Menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan islam pada masa Umayyah

  5. Siswa dapat mengidentifikasi prestasi khalifah-khalifah terkenal Bani Ummayah I

  6. Siswa dapat mengidentifikasi perkembangan peradaban Bani Umayyah I di Damaskus

4.1. Menceritakan Proses berdirinya dinasti bani Umayah di Damaskus

4.2. Menyanyiakan lagu tentang khalifah  menonjol pada dinasti Umayah di Damaskus

4.3 Membuat makalah tentang alur proses perkembangan peradaban pada masa dinasti Bani Umayyah I di Damaskus



  1. Menyebutkan  proses berdirinya dinasti bani Umayah di Damaskus

  2. Mengidentifiksi tokoh-tokoh berdirinya dinasti bani Umayah di Damaskus

  3. Menghafal khalifah yang terkenal dan menonjol pada dinasti Umayah di Damaskus

  4. Membuat kerja proyek yang kreatif dan inovatif tentang perkembangan peradaban Bani Umayyah di Damskus



  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Setelah mengamati siswa  dapat menjelaskan proses lahirn dan berkembangnya bani Umaiyah I, 

  • Setelah mengamati siswa  menjelaskan kronologi berdirinya bani umayyah di Damaskus

  • Setelah mengamati Siswa dapat Mengidentifiksi tokoh-tokoh berdirinya dinasti bani Umayah di Damaskus

  • Setelah mengamati Siswa dapat menggambarkan fase kemajuan  bani Umaiyah I

  • Setelah menghafal dan menghayati lagu Siswa dapat mengetahui khalifah yang menonjol bani Umayah di Damaskus


  1. MATERI PEMBELAJARAN

Proses  lahirnya  bani  Umayyah   di Damaskus


  1. Pendekatan, Model dan Metode

Pendekatan : Saintifik

Model : Descovery Learning

Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Games Pasang Kartu Sejarah dan Demostrasi


  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama 1

  1. Pendahuluan (10 Menit)

  • Guru menyampaikan salam dan membiasakan siswa berdoa sebelum proses pembelajaran

  • Guru menkondisikan siswa untuk kesiapan menjalankan proses pembelajaran

  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilangsungkan dan memberikan sedikit penjelasan sebagai motivasi dan minat siswa terhadap materi ajar yang akan diprosebelajarkan. 

  1. Kegiatan Inti ( 70 Menit )

Mengamati

  • Mengamati gambar orang yang Proses  lahir dan berkembangnya  bani  Umayyah   di Damaskus

  • Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang Proses  lahir dan berkembangnya bani  Umayyah   di Damaskus


Menanya

  • Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.

  • Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya

  • Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi

  • Menentukan sumber informasi berkaitan dengan Proses  lahir dan berkembangnya bani  Umayyah di Damaskus.

  • Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang Proses  lahir dan berkembangnya bani Umayyah di Damaskus.

  • Memainkan  games edukasi pasang kartu sejarah kebudayaan islam yang berkaitan tentang Proses lahir dan berkembangnya banj Umayyah di Damaskus 


Mengasosiasikan

  • Mengevaluasi pengukuran tingkat pemahaman siswa melalui game edukasi pasang kartu sejarah kebudayaan islam tentang Proses lahir dan berkembangnya bani Umayyah di Damaskus.

  • Merumuskan kembali hasil evaluasi mengenai Proses  lahir dan berkembangnya  bani  Umayyah di Damaskus.

  • Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan Proses  lahir dan berkembangnya bani  Umayyah   di Damaskus.

Mengkomunikasikan

  • Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan Proses  lahir dan berkembangnya  bani  Umayyah   di Damaskus.

  • Menyampaikan hasil belajar dan motivasi terhadap penghayatan manfaat dari Proses  lahir dan berkembangnya bani Umayyah di Damaskus.


  1. Penutup ( 10 Menit )

  • Guru mengadakan fleksikan proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan siswa

  • Guru menyinggung topic pembelajaran yang akan diproses belajar pada pertemuan selanjutnya

  • Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan penanaman sikap KI 1 dan KI 2

  • Guru mengajak siswa berdoa mengakhiri pembelajaran

  1. Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

  1. Media : Laptop, LCD

  2. Alat : Papan Tulis, Jaringan Internet

  3. Bahan : Spidol

  4. Sumber Belajar   : buku siswa SKI Kelas X, buku Guru SKI Kelas X, Internet



  1. PENILAIAN

  1. Sikap spiritual

  2. Kognitif

  1. Tes Tulis/Lisan

Guru menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang Proses  lahir dan berkembangnya bani  Umayyah di Damaskus.

  1. Tugas: 

  1. Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang Proses  lahir dan berkembangnya bani  Umayyah di Damaskus.

  2. Membuat makalah tentang alur proses perkembangan peradaban pada masa dinasti Bani Umayyah I di Damaskus secara kerja kelompok dengan kreatif dan inovatif.

  3. Mempresentasikan hasil tentang Proses  lahir dan berkembangnya bani  Umayyah di Damaskus.

  1. Keterampilan/ psikomotor

Portofolio, 

Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian informasi tentang Proses  lahir dan berkembangnya  bani  Umayyah di Damaskus ,




``

............., 19 Februari 2022

Mengetahui

GURU


Kepala MA ........................


   



...............................

..................................

NIP. ...............................

NIP


RPP Perkembangan Bani Ummayyah I



Dress Wanita 30 Ribuan!!! Ada Disini !😍🤗






MEQA DAILY - Mahya Dress Gamis Muslim Wanita

Tahu tidak? Ada MEQA DAILY - Mahya Dress Gamis Muslim Wanita dengan harga spesial!

Rp101.428 Rp41.765

MEQA DAILY - Mahya Dress Gamis Muslim Wanita ESTIMASI PO 2-3 HARI 

Bahan : Hyget Super

All Size Fit XL
LD 100 Cm Melar 110 Cm
Panjang 130 Cm

I... 

Kalau ada pertanyaan bisa kontak saya. Langsung beli juga boleh, klik tautan di bawah ini, ya.

Sstt...jangan sampai kehabisan.

https://berikhtiar.com/syintia.be.889/product/meqa-daily-mahya-dress-gamis-muslim-wanita?share_id=VFZSQmQwMUVRWHBOYW1kNFRXcFZNRXhVUlROTlZHc3hUbnBOZUU1RVRYaE9la1U5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(DOC) AYAT DAN HADITS TENTANG BERSYUKUR

(DOC) MAKALAH SHIFAT HURUF HIJAIYAH