Hasil Uji Coba Instrumen Penilaian Agama Islam SD/MI

Hasil Uji Coba Instrumen Penilaian Agama Islam SD/MI 

HASIL UJI COBA INSTRUMEN PENILAIAN AGAMA ISLAM di SD/MI 

(Tugas Materi 9)

Dosen Pengampu : Yumn Jamilah, M.Pd

Disusun oleh :

1. Syintia Purnama (1911010213)


PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

1443 H/2021 M

A. DEFINISI HASIL UJI COBA INSTRUMEN DAN LANGKAH - LANGKAHNYA

Menganalisis hasil uji coba adalah hal yang dilakukan setelah Uji Coba Penilaian dilakukan. 

Kegiatan ini dilakukan Pendidikan, hal hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

1. Menentukan daya beda ( Daya beda lebih dari 0,30 butir Instrument tergolong baik ).

2. Menentukan indeks keandalan Instrument minimal 0,70 

3. Menyempurnakan Instrument

4. Melaksanakan pengukuran

5. Menafsirkan hasil 

Kegiatan yang dilakukan Pendidikan yaitu :

a) menentukan kriteria ( tergantung pada skala dan jumlah butir (pertanyaan/pernyataan) 

Misalnya menggunakan skala likert yang berisi 10 pertanyaan/pernyataan dengan 4 (empat) pilihan.

B. MACAM - MACAM HASIL UJI COBA INSTRUMEN

1. Hasil Uji Coba Penilaian Kinerja

Penilaian kinerja ini bertujuan untuk mengetahui apakah indikator dalam penilaian kinerja dapat dinilai selama pembelajaran atau tidak. Kedua, uji coba ini bertujuan mengetahui pendapat siswa dan observer mengenai pelaksanaan penilaian kinerja. Evaluasi yang diperoleh dari penilaian kinerja ini diharapkan dapat menjadi perbaikan untuk pengambilan data penelitian selanjutnya.

Hasil penilaian kinerja dapat dilihat pada lampiran D1. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa seluruh siswa pada kelas uji coba memperoleh penilaian dengan kategori sangat baik. Jika ditinjau dari kuisioner penjaringan pendapat siswa, hampir seluruh siswa (97%) menyatakan bahwa penilaian kinerja dapat mengukur kemampuan kerja laboratorium mereka.

Selain dari hasil penjaringan pendapat siswa, uji coba penilaian ini juga ditinjau dari hasil observasi para observer. Adapun hasil penilaian aspek pertama, seluruh siswa menyatakan bahwa penilaian kinerja dapat dilaksanakan dalam kegiatan praktikum. Dalam aspek lainnya seluruh observer menyatakan bahwa pelaksanaan penilaian kinerja tidak mengganggu kegiatan guru dalam membimbing pengamatan siswa. Terakhir seluruh observer juga menyatakan bahwa penilaian kinerja dapat mengungkap kemampuan kerja laboratorium siswa.

Berdasarkan hasil uji coba pelaksanaan penilaian kinerja yang telah diungkapkan diatas, dapat dilihat bahwa tidak ada hal yang mengganggu pelaksanaan penilaian kinerja. Baik itu berdasarkan kuisioner pendapat siswa, ataupun hasil observasi observer. Hal tersebut menjadi tanda positif untuk penggunaan instrumen penilaian kinerja tersebut pada penelitian ini.

2. Hasil Uji Coba Penilaian Proyek

Uji coba penilaian proyek bertujuan untuk mengetahui apakah kriteria dalam penilaian proyek dapat digunakan atau tidak. Selain itu melalui uji coba ini diharapkan dapat diperoleh evaluasi pelaksanaan penilaian proyek yang diperoleh dari kuisioner dan lembar observasi.

bersangkutan tidak mengerjakan tugas proyek selama waktu yang ditentukan. Namun kelompok siswa yang mendapat nilai proyek memperoleh penilaian dengan kategori sangat baik.

Selain itu ditinjau dari hasil kuisioner dan lembar observasi, hasilnya menunjukkan penilaian positif untuk pelaksanaan penilaian proyek. Seluruh observer menyatakan bahwa penilaian proyek dapat digunakan untuk menilai tugas proyek siswa. Selain itu, seluruh observasi juga menyatakan bahwa indikator penilaian yang digunakan dalam penilaian proyek dapat mengungkapkan kemampuan siswa dalam merancang percobaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa instrumen penilaian proyek dapat digunakan untuk pengambilan data penelitian selanjutnya.

3. Hasil Uji Coba Penilaian Presentasi

Sama halnya dengan uji coba penilaian kinerja yang telah diungkapkan sebelumnya. Uji coba penilaian presentasi juga mempunyai tujuan tertentu. Uji coba penilaian presentasi diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pelaksanaan penilaian presentasi, baik itu dari perolehan nilai siswa, pendapat siswa, maupun hasil observasi observer. Evaluasi yang diperoleh diharapkan dapat memberikan informasi untuk perbaikan penilaian presentasi pada pengambilan data penelitian selanjutnya.

Pada pelaksanaan presentasi nyatanya hanya tiga kelompok saja yang dapat melakukan presentasi. Hal ini akibat beberapa kelompok belum selesai mengerjakan tugas proyek sesuai dengan perjanjian. Hal ini sudah diingatkan kepada siswa sebelumnya, bagi kelompok yang tidak tepat waktu mengerjakan tugas maka konsekuensinya tidak mendapatkan kesempatan melakukan presentasi. Terlepas dari hal tersebut kelompok siswa yang melakukan presentasi ternyata memperoleh nilai dengan kategori sangat baik.

dapat mengungkap kemampuan komunikasi dan interpretasi siswa. Berdasarkan hasil yang telah diungkapkan diatas, instrumen penilaian presentasi yang dikembangkan peneliti dapat digunakan pada pengambilan data selanjutnya.

4. Hasil Uji Coba Peer dan Self Assesment

Uji coba peer dan self assessment dilakukan untuk memperoleh evaluasi untuk perbaikan instrumen penilaian selanjutnya. Hasil uji coba dinilai melalui analisis hasil kuisioner siswa dan hasil observasi. Adapun hasil uji coba yang telah dilakukan menunjukkan penilaian positif terhadap instrumen penilaian diri (peer dan self assessment ). Hal tersebut menunjukkan bahwa peer dan self. assessment dapat digunakan.



DAFTAR PUSTAKA

https://www.banjirembun.com/2014/10/pengembangan-instrumen-penilaian.html?m=1, diakses Kamis 25 November 2021 pukul 22:02 WIB.

https://123dok.com/document/y96068wy-pengembangan-instrumen-asesmen-otentik-pada-pembelajaran-subkonsep-fotosintesis.html, diakses Kamis 25 November 2021 pukul 22:16 WIB.


 UJI COBA INSTRUMEN PENILAIAN AGAMA ISLAM di SD/MI 

(Tugas Materi 9)

Dosen Pengampu : Yumn Jamilah, M.Pd

Disusun oleh :

1. Syintia Purnama (1911010213)


PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

1443 H/2021 M

A. DEFINISI HASIL UJI COBA INSTRUMEN DAN LANGKAH - LANGKAHNYA

Menganalisis hasil uji coba adalah hal yang dilakukan setelah Uji Coba Penilaian dilakukan. 

Kegiatan ini dilakukan Pendidikan, hal hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

1. Menentukan daya beda ( Daya beda lebih dari 0,30 butir Instrument tergolong baik ).

2. Menentukan indeks keandalan Instrument minimal 0,70 

3. Menyempurnakan Instrument

4. Melaksanakan pengukuran

5. Menafsirkan hasil 

Kegiatan yang dilakukan Pendidikan yaitu :

a) menentukan kriteria ( tergantung pada skala dan jumlah butir (pertanyaan/pernyataan) 

Misalnya menggunakan skala likert yang berisi 10 pertanyaan/pernyataan dengan 4 (empat) pilihan.

B. MACAM - MACAM HASIL UJI COBA INSTRUMEN

1. Hasil Uji Coba Penilaian Kinerja

Penilaian kinerja ini bertujuan untuk mengetahui apakah indikator dalam penilaian kinerja dapat dinilai selama pembelajaran atau tidak. Kedua, uji coba ini bertujuan mengetahui pendapat siswa dan observer mengenai pelaksanaan penilaian kinerja. Evaluasi yang diperoleh dari penilaian kinerja ini diharapkan dapat menjadi perbaikan untuk pengambilan data penelitian selanjutnya.

Hasil penilaian kinerja dapat dilihat pada lampiran D1. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa seluruh siswa pada kelas uji coba memperoleh penilaian dengan kategori sangat baik. Jika ditinjau dari kuisioner penjaringan pendapat siswa, hampir seluruh siswa (97%) menyatakan bahwa penilaian kinerja dapat mengukur kemampuan kerja laboratorium mereka.

Selain dari hasil penjaringan pendapat siswa, uji coba penilaian ini juga ditinjau dari hasil observasi para observer. Adapun hasil penilaian aspek pertama, seluruh siswa menyatakan bahwa penilaian kinerja dapat dilaksanakan dalam kegiatan praktikum. Dalam aspek lainnya seluruh observer menyatakan bahwa pelaksanaan penilaian kinerja tidak mengganggu kegiatan guru dalam membimbing pengamatan siswa. Terakhir seluruh observer juga menyatakan bahwa penilaian kinerja dapat mengungkap kemampuan kerja laboratorium siswa.

Berdasarkan hasil uji coba pelaksanaan penilaian kinerja yang telah diungkapkan diatas, dapat dilihat bahwa tidak ada hal yang mengganggu pelaksanaan penilaian kinerja. Baik itu berdasarkan kuisioner pendapat siswa, ataupun hasil observasi observer. Hal tersebut menjadi tanda positif untuk penggunaan instrumen penilaian kinerja tersebut pada penelitian ini.

2. Hasil Uji Coba Penilaian Proyek

Uji coba penilaian proyek bertujuan untuk mengetahui apakah kriteria dalam penilaian proyek dapat digunakan atau tidak. Selain itu melalui uji coba ini diharapkan dapat diperoleh evaluasi pelaksanaan penilaian proyek yang diperoleh dari kuisioner dan lembar observasi.

bersangkutan tidak mengerjakan tugas proyek selama waktu yang ditentukan. Namun kelompok siswa yang mendapat nilai proyek memperoleh penilaian dengan kategori sangat baik.

Selain itu ditinjau dari hasil kuisioner dan lembar observasi, hasilnya menunjukkan penilaian positif untuk pelaksanaan penilaian proyek. Seluruh observer menyatakan bahwa penilaian proyek dapat digunakan untuk menilai tugas proyek siswa. Selain itu, seluruh observasi juga menyatakan bahwa indikator penilaian yang digunakan dalam penilaian proyek dapat mengungkapkan kemampuan siswa dalam merancang percobaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa instrumen penilaian proyek dapat digunakan untuk pengambilan data penelitian selanjutnya.

3. Hasil Uji Coba Penilaian Presentasi

Sama halnya dengan uji coba penilaian kinerja yang telah diungkapkan sebelumnya. Uji coba penilaian presentasi juga mempunyai tujuan tertentu. Uji coba penilaian presentasi diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pelaksanaan penilaian presentasi, baik itu dari perolehan nilai siswa, pendapat siswa, maupun hasil observasi observer. Evaluasi yang diperoleh diharapkan dapat memberikan informasi untuk perbaikan penilaian presentasi pada pengambilan data penelitian selanjutnya.

Pada pelaksanaan presentasi nyatanya hanya tiga kelompok saja yang dapat melakukan presentasi. Hal ini akibat beberapa kelompok belum selesai mengerjakan tugas proyek sesuai dengan perjanjian. Hal ini sudah diingatkan kepada siswa sebelumnya, bagi kelompok yang tidak tepat waktu mengerjakan tugas maka konsekuensinya tidak mendapatkan kesempatan melakukan presentasi. Terlepas dari hal tersebut kelompok siswa yang melakukan presentasi ternyata memperoleh nilai dengan kategori sangat baik.

dapat mengungkap kemampuan komunikasi dan interpretasi siswa. Berdasarkan hasil yang telah diungkapkan diatas, instrumen penilaian presentasi yang dikembangkan peneliti dapat digunakan pada pengambilan data selanjutnya.

4. Hasil Uji Coba Peer dan Self Assesment

Uji coba peer dan self assessment dilakukan untuk memperoleh evaluasi untuk perbaikan instrumen penilaian selanjutnya. Hasil uji coba dinilai melalui analisis hasil kuisioner siswa dan hasil observasi. Adapun hasil uji coba yang telah dilakukan menunjukkan penilaian positif terhadap instrumen penilaian diri (peer dan self assessment ). Hal tersebut menunjukkan bahwa peer dan self. assessment dapat digunakan.



DAFTAR PUSTAKA

https://www.banjirembun.com/2014/10/pengembangan-instrumen-penilaian.html?m=1, diakses Kamis 25 November 2021 pukul 22:02 WIB.

https://123dok.com/document/y96068wy-pengembangan-instrumen-asesmen-otentik-pada-pembelajaran-subkonsep-fotosintesis.html, diakses Kamis 25 November 2021 pukul 22:16 WIB.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(DOC) AYAT DAN HADITS TENTANG BERSYUKUR

(DOC) RPP Perkembangan Bani Ummayyah I

(DOC) MAKALAH SHIFAT HURUF HIJAIYAH