Sekolah : SD Islam Assalam
Mata Pelajaran : Bina Fiqih
Kelas/ Semester : I / I
Waktu : 40 menit( 1 pertemuan)
Pelaksanaan : Rabu, 24 Agustus 2022
A. Standar Kompetensi : 1. Mengenal dua kalimat syahadat
B. Kompetensi Dasar : 1.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rosul
C. Indikator : 1.1.1 Menyebutkan dua macam syahadat
: 1.1.2 Melafalkan syahadat Tauhid dengan benar
: 1.1.3 Melafalkan syahadat Rasul dengan benar
D. Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan dua kalimat syahadat
E. Materi ajar(Materi Pokok) : Dua kalimat syahadat

Artinya :
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah
Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah
F. Metode Pembelajaran : Tugas dan demontrasi
G. Pendekatan/ Model Pembelajaran : Tematik
H. Langkah-langkah Pembelajaran
:
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Pendahuluan 1.Guru dan siswa memberi salam 2.Guru dan siswa mengawali pelajaran dengan basmalah(doa belajar) 3.Guru dan siswa tadarus Al Qur’an 4.Guru mengabsensi siswa 5.Guru membuka pelajaran dengan dialog penyegaran (appersepsi) 6. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari | 10 menit | appersepsi |
2 | Kegiatan inti a. Eksplorasi (penjelajahan) b.Elaborasi(perluasan) Guru melafalkan syahadat tauhid dan siswa menirukanya Guru melafalkan syahadat rasul dan siswa menirukanya Guru melafalkan dua kalimat syahadat dan siswa menirukanya Siswa melafalkan dua kalimat syahadat bersama-sama (klasikal) Siswa melafalkan dua kalimat syahadat secara individu
c.Konfirmasi(penguatan) | 20 menit | Demontrasi dan tugas |
3 | Penutup 1.Guru memperhatikan dan membimbing demontrasi siswa 2.Guru memberi tugas agar siswa menghafalkan dua kalimat syahadat 3.Guru dan siswa mengakhiri pembelajaran dengan hamdalah (doa) 4. Guru dan siswa memberi salam | 10 menit | Evaluasi tugas |
I.Alat dan sumber bahan : Nurzakun, Muhammad, dkk, 2021, Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti, Kendikbud : Jakarta
J. Penilaian
Indikator Penilaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen |
Melafalkan syahadat tauhid Melafalkan syahadat rasul Melafalkan dua kalimat syahadat Mendemontrasikan dua kalimat syahadat
| Tes Lisan | Tugas Demontrasi | Lafalkan dua kalimat syahadat! |
Skor Nilai :
Melafalkan syahadat tauhid Melafalkan syahadat rasul Melafalkan dua kalimat syahadat Mendemontrasikan dua kalimat syahadat secara individu di depan kelas
| Benar, lengkap Cukup Kurang | 81-100 61-80 51-60 |
Kunci Jawaban:
Dua kalimat syahadat :

Penilaian = Jlh Skor : 4
Sukarame, 24 Agustus 2022
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Musdalifah,S.Pd Syintia Purnama
Nip.................... Npm. 1911010213
Mengetahui |
Kepala Sekolah |
|
Muhammad Akhirudin, M.Pd |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD Islam Assalam
Mata Pelajaran : Bina Fiqih
Kelas/ Semester : I / I
Waktu : 40 menit ( 1 pertemuan)
Pelaksanaan : Rabu, 29 Agustus 2022
A. Standar Kompetensi : 2. Mengenal dua kalimat syahadat
B. Kompetensi Dasar : 2.2 Menghafal dua kalimat syahadat
C. Indikator : 2.2.1 Menghafalkan syahadat tauhid
: 2.2.2 Menghafalkan syahadat rasul
: 2.2.3 Menghafalkan dua kalimat syahadat
D. Tujuan Pembelajaran : 2. Siswa mampu menghafalkandua kalimat syahadat
E. Materi ajar (Materi Pokok) : Dua kalimat syahadat

Artinya :
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah
Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah
F. Metode Pembelajaran : Tugas dan demontrasi
G. Pendekatan/ Model Pembelajaran : Tematik
H. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Pendahuluan 1.Guru dan siswa memberi salam 2.Guru dan siswa mengawali pelajaran dengan basmalah(doa belajar) 3.Guru dan siswa tadarus Al Qur’an 4.Guru mengabsensi siswa 5.Guru membuka pelajaran dengan dialog penyegaran (appersepsi) 6. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari | 10 menit | appersepsi |
2 | Kegiatan inti a. Eksplorasi (penjelajahan) b.Elaborasi(perluasan) Siswa mengahafalkan syahadat tauhid Siswa mendemontrasikan hafalan syahadat tauhid di depan kelas Siswa menghafalkan syahadat rasul Siswa mendemontrasikan hafalan syahadat rasul di depan kelas Siswa mendemontrasikan hafalan dua kalimat syahadat
c.Konfirmasi(penguatan) | 20 menit | Demontrasi dan tugas |
3 | Penutup 1.Guru memberi penilaian terhadap hafalan siswa 2.Guru dan siswa mengakhiri pembelajaran dengan hamdalah (doa) 3. Guru dan siswa memberi salam | 10 menit | Evaluasi tugas |
I. Alat dan sumber bahan : Nurzakun, Muhammad, dkk, 2021, Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti, Kendikbud : Jakarta.
J. Penilaian
Indikator Penilaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen |
1.Menghafalkan syahadat tauhid 2.Mendemontrasikan hafalan syahadat tauhid di depan kelas 3.Menhafalkan syahadat rasul 4.Mendemontrasikan hafalan syahadat rasul di depan kelas 5.Mendemontrasikan hafalan dua kalimat syahadat | Tes Lisan | Tugas Demontrasi | Hafalkan dua kalimat syahadat! |
Skor Nilai :
1.Menghafalkan syahadat tauhid 2.Mendemontrasikan hafalan syahadat tauhid di depan kelas 3.Menhafalkan syahadat rasul 4.Mendemontrasikan hafalan syahadat rasul di depan kelas 5.Mendemontrasikan hafalan dua kalimat syahadat | Benar, lengkap Cukup Kurang | 81-100 61-80 51-60 |
Kunci Jawaban:
Dua kalimat syahadat :

Penilaian = Jlh Skor : 4
Mengetahui Sukarame, 29 Agustus 2022
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Musdalifah,S.Pd Syintia Purnama
Nip................... Npm. 1911010213
Mengetahui |
Kepala Sekolah |
|
Muhammad Akhirudin, M.Pd |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD Islam Assalam
Mata Pelajaran : Bina Fiqih
Kelas/ Semester : I / I
Waktu : 40 menit ( 1 pertemuan)
Pelaksanaaan : Rabu, 5 September 2022
A. Standar Kompetensi : 3. Membiasakan bersuci (thoharoh)
B. Kompetensi Dasar : 3.1 Menyebutkan perintah bersuci dari hadats dan najis
C. Indikator : 3.1.1 Menyebutkan macam - macam hadats dan najis
: 3.1.2 Mendefinisikan contoh najis dan hadats
D. Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa mampu memahami makna bersuci
E. Materi ajar(Materi Pokok) : Bersuci
Berwudhu yaitu menyucikan diri dari hadas kecil dengan air yang suci
Alat-alat bersuci: air, debu, tanah dsb
F. Metode Pembelajaran : Tugas, tanya jawab, Mind Maaping dan demontrasi
G. Pendekatan/ Model Pembelajaran : Tematik
H. Langkah-langkah Pembelajaran :
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Pendahuluan 1.Guru dan siswa memberi salam 2.Guru dan siswa mengawali pelajaran dengan basmalah(doa belajar) 3.Guru dan siswa tadarus Al Qur’an 4.Guru mengabsensi siswa 5.Guru membuka pelajaran dengan dialog penyegaran (appersepsi) 6. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari | 10 menit | appersepsi |
2 | Kegiatan inti a. Eksplorasi (penjelajahan) b.Elaborasi(perluasan) Guru menjelaskan arti bersuci Guru menyebutkan alat-alat bersuci Guru menyebutkan macam - macam hadats dan najis Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan seksama
c.Konfirmasi(penguatan) Siswa mencatat pelajaran setelah dipersilahkan Guru dan siswa mengadakan tanya jawab Siswa dapat mengelompokkan macam - macam hadats dan najis
| 20 menit | Tugas Tanya jawab demontrasi
|
3 | Penutup Guru memberi bimbingan siswa dalam mendemontrasikan tatacara berwudhu Guru dan siswa mengakhiri pembelajaran dengan hamdalah (doa) Guru dan siswa memberi salam
| 10 menit | Bimbingan Evaluasi |
Alat dan sumber bahan : : Nurzakun, Muhammad, dkk, 2021, Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti, Kendikbud : Jakarta.
J. Penilaian
Indikator Penilaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen |
1.Menjelaskan arti bersuci 2.Menyebutkan alat-alat bersuci 3.Menyebutkan arti hadats dan najis 4.Mengelompokkan hadats dan najis | Tes Lisan Tes tertulis | Tugas Tanya jawab
| 1.jelaskan arti bersuci! 2.sebutkan alat-alat bersuci! 3.sebutkan arti hadats dan najis! 4.kelompokkan macam - macam hadats dan najis! |
Skor Nilai :
1.Menjelaskan arti bersuci 2.Menyebutkan alat-alat bersuci 3.Menyebutkan arti hadats dan najis 4.Mengelompokkan hadats dan najis
| Benar, lengkap Cukup Kurang | 81-100 61-80 51-60 |
Mengetahui Sukarame, 5 September 2022
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Musdalifah,S.Pd Syintia Purnama
Nip.................... Npm. 1911010213
Mengetahui |
Kepala Sekolah |
|
Muhammad Akhirudin, M.Pd |
Komentar