Postingan

Hasil Uji Coba Instrumen Penilaian Agama Islam SD/MI

Hasil Uji Coba Instrumen Penilaian Agama Islam SD/MI   HASIL UJI COBA INSTRUMEN PENILAIAN AGAMA ISLAM di SD/MI  (Tugas Materi 9) Dosen Pengampu : Yumn Jamilah, M.Pd Disusun oleh : 1. Syintia Purnama (1911010213) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG 1443 H/2021 M A. DEFINISI HASIL UJI COBA INSTRUMEN DAN LANGKAH - LANGKAHNYA Menganalisis hasil uji coba adalah hal yang dilakukan setelah Uji Coba Penilaian dilakukan.  Kegiatan ini dilakukan Pendidikan, hal hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut : 1. Menentukan daya beda ( Daya beda lebih dari 0,30 butir Instrument tergolong baik ). 2. Menentukan indeks keandalan Instrument minimal 0,70  3. Menyempurnakan Instrument 4. Melaksanakan pengukuran 5. Menafsirkan hasil  Kegiatan yang dilakukan Pendidikan yaitu : a) menentukan kriteria ( tergantung pada skala dan jumlah butir (pertanyaan/pernyataan)  Misalnya menggunakan skala likert yang berisi 10 pertanyaan/pernyataan dengan 4 (e

Uji Coba Instrumen Penilaian Agama Islam SD/MI ( Tes Tertulis )

 UJI COBA INSTRUMEN PENILAIAN AGAMA ISLAM di SD/MI ( TES TERTULIS) (Tugas Materi 8) Dosen Pengampu : Yumn Jamilah, M.Pd Disusun oleh : 1. Syintia Purnama (1911010213) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG 1443 H/2021 M A. PENILAIAN INSTRUMEN TES TERTULIS Tes sebagai instrumen penilaian adalah pertanyaan – pertanyaan yang diberikan pada peserta didik untuk mendapat jawaban dari siswa dalam bentuk lisan (tes lisan), dalam bentuk tulis (tes tulis), dan dalam bentuk perbuatan (tes tindakan). Tes pada umumnya digunakan untuk menilai dan mengukur hasil belajar peserta didik, terutama hasil belajar kognitif berkenaan dengan penguasaan bahan pengajaran sesuai dengan tujuan pendidkan dan pengajaran. Ada dua jenis tes, yakni: tes uraian (subjektif) dan tes objektif. Tes uraian terdiri dari uraian bebas, uraian terbatas, dan uraian terstruktur. Sedangkan tes objektif terdiri dari beberapa bentuk, yakni bentuk pilihan benar salah, piliha

Merancang Instrumen Penilaian Sikap dan Penilaian Diri

Merancang Instrumen Penilaian Sikap dan Penilaian Diri   MERANCANG INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DAN PENILAIAN DIRI (Tugas Materi 7) Dosen Pengampu : Yumn Jamilah, M.Pd Disusun oleh : 1. Syintia Purnama (1911010213) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG 1443 H/2021 M Definisi Penilaian Sikap   Penilaian sikap adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap mata pelajaran, kondisi pembelajaran, pendidik, dan sebagainya. Penilaian sikap dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung dapat ditanyakan bagaimana pendapat atau pernyataan responden terhadap suatu objek. Secara tidak langsung dapat dilakukan dengan pernyataan-pernyataan hipotesis, kemudian ditanyakan pendapat responden. Pada penilaian ranah afektif yang penting dikembangkan adalah sikap dan minat peserta didik. Hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan instrumen afektif sebagai berikut. 1. Menentukan definisi k

Merancang Instrumen Penilaian Portofolio

Penilaian Instrumen Portofolio   MERANCANG INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO (Tugas Materi 6) Dosen Pengampu : Yumn Jamilah, M.Pd Disusun oleh : 1. Syintia Purnama (1911010213) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG 1443 H/2021 M Definisi Portofolio Portofolio merupakan suatu kumpulan pekerjaan pe-serta didik dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut panduan-pan-duan yang ditentukan. Portofolio biasanya merupakan karya terpilih dari satu kelas se-cara keseluruhan yang bekerja secara kooperatif membuat kebijakan untuk memecahkan masalah. Bentuk Portofolio Terdapat beberapa bentuk atau variasi dalam portofolio yang digunakan. Cole, Ryan & Kick (1995) mengklasifikasi bentuk portofolio terdiri dari :  (1) tinjauan proses (prosess oriented) dan  (2) tinjauan hasil (product oriented).   Portofolio proses menunjukkan tahapan belajar dan menyajikan catatan perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu. Portofolio pro

Merancang Instrumen Penilaian untuk kerja

  Merancang Instrumen Penilaian untuk kerja MERANCANG INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK KERJA (Tugas Materi 6) Dosen Pengampu : Yumn Jamilah, M.Pd Disusun oleh : 1. Syintia Purnama (1911010213) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG 1443 H/2021 M A. Penilaian Kinerja Penilaian kinerja (performance assesment) adalah penilaian yang menuntut siswa mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya kedalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Pada penilaian kinerja, penekanannya dapat dilakukan pada proses atau produk. Penilaian kinerja yang menekankan pada produk disebut penilaian produk, misalnya poster, puisi, dan kerajinan. Penilaian kinerja yang menekankan pada proses disebut penilaian praktik. Misalnya bermain sepak bola, memainkan alat musik, menyanyi, melakukan pengamatan menggunakan mikroskop, menari, bermain peran, dan membaca puisi. Kalau dalam pendidikan Agama Islam, misalnya praktik shalat, thahara

Instrumen Tes Tertulis PAI SD/MI

  Instrumen Tes Tertulis PAI SD/Mi MERANCANG INSTRUMEN PENILAIAN TES TERTULIS PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM SD/MI (Tugas Materi 5) Dosen Pengampu : Yumn Jamilah, M.Pd Disusun oleh : 1. Syintia Purnama (1911010213) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG 1443 H/2021 M Teknik Dan Instrumen Penilaian Tertulis Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan siswa. Mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Teknik penilaian pengetahuan menggunakan test tertulis, lisan, dan penugasan. Definisi Tes Tertulis Test tertulis adalah test yang soal dan jawabannya secara tertulis, antara lain berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan dan uraian. Contoh penilaian test tertulis: Tuliskan nama dan lambang bilangan sesuai contoh : Contoh : 1. 1.100 dibaca seribu seratus. 2. 2.200 dibaca dua ribu dua ratus. a. 2.250 dibaca . . .

Jenis - Jenis Penilaian Agama Islam

Jenis - Jenis Penilaian Agama Islam Secara Umum  JENIS - JENIS PENILAIAN AGAMA ISLAM SD/MI (Tugas Materi 4) Dosen Pengampu : Yumn Jamilah, M.Pd Disusun oleh : 1. Syintia Purnama (1911010213) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG 1443 H/2021 M Teknik Dan Instrumen Penilaian Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Revisi 2018 Penilaian dilakukan secara autentik untuk melihat kemajuan berlajar siswa yang meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan. I. Teknik dan Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial Penilaian sikap (KI-1 dan KI-2) dimaksudkan sebagai penilaian terhadap prilaku siswa dalam proses pembelajaran kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler. Penilaian sikap ditujukan untuk membina perilaku sesuai budipekerti dalam rangka pembentukan karakter siswa sesuai dengan proses pembelajaran. Sikap spritual (KI-1) meliputi kegiatan beribadah, berprilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan keg